Kultum 8 Ramadhan: Ramadhan Bulan Derma

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

Saudaraku muslimin muslimat rohimakumulloh.

Alhamdulillah kita di beri kesehatan keimanan sehingga kita dapat menjalankan puasa ramadhan dihari kedua ini, semoga amal kita mendapat ridlo Allah SWT dan diterimaNya. amiin.

Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada nabiyuna Muhammadin Saw.

Materi kultum di hari ke 8 Ramadhan akan kami sampaikan dengan judul Ramadhan Bulan Derma.

Ilustrasi Ramadhan


Muslimin muslimat rahimakumullah, Ramadan adalah bulan berderma. Tentang betapa Ramadan adalah bulan berderma dapat kita saksikan dari teladan agung Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

 Ibnu Abbas menuturkan Rasulullah SAW adalah manusia paling dermawan dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadan ketika Jibril menemuinya malam setiap malam untuk bertadarus Alquran bersama beliau sungguh Rasulullah adalah orang yang lebih dermawan dengan kebaikannya dari pada ada angin yang berhembus ,( H.R.Bukhari dan  Muslim)

Muslimin Muslimat yang berbahagia. 

Harta yang kita keluarkan di jalan Allah itu ada dua macam.

 Yang hukumnya wajib yaitu zakat dan yang hukumnya Sunnah yaitu sedekah atau derma.

 Apa saja harta yang wajib dikeluarkan zakatnya sudah ada aturannya secara tegas di dalam Islam. Misalnya kalau dalam bentuk emas atau uang maka harus sudah mencapai nisab atau batas minimal wajib mengeluarkan zakat yaitu emas atau uang yang senilai emas 85 gram dimiliki selama 1 tahun dan yang dikeluarkan sebesar 2,5% orang yang sudah wajib zakat tapi tidak mengeluarkan zakat maka baginya siksa yang pedih.

 Allah berfirman:  وَالَّذِيۡنَ يَكۡنِزُوۡنَ الذَّهَبَ وَالۡفِضَّةَ وَلَا يُنۡفِقُوۡنَهَا فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِۙ فَبَشِّرۡهُمۡ بِعَذَابٍ اَلِيۡمٍۙ

 Wallaziina yaknizuunaz zahaba wal fiddata wa laayunfiquunahaa fii sabiilil laahi fabashshirhum bi'azaabin aliim.

Artinya:

 Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih. (Q.S.Surat At-taubah 34).

Islam sangat menekankan pentingnya sedekah atau derma untuk membantu orang-orang miskin dan lemah, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda "Barang siapa memiliki kelebihan kendaraan, maka hendaknya menyiapkan dalam arti memberikan kepada orang yang tidak punya kendaraan, barangsiapa memiliki bekal yang lebih, maka hendaknya menyiapkan atau memberikan kepada orang yang tidak memiliki bekal, Ibnu Mas'ud berkata hingga kami mengira bahwa tidak seorang pun berhak untuk memiliki kelebihan (H.R. Muslim).

Demikian yang dapat kami sampaikan mohon maaf atas segala kekurangan, Insya Allah akan kita sambung dengan keutamaan berderma dimateri kultum berikutnya, semoga bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangan.

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel