Kultum 1 Ramadhan: 3 Golongan Orang yang Mustajabah Doanya

Assalamualaikum warohmatulluhi wabarokaatuh.

Alhamdulillah wasykrulillah washolatu wasalamu 'aka Rosululloh ana ba'dah.

Alhamdulillah kita dapat menikmati melihat bulan Ramdhan tahun ini dan semoga dapat beribadah maksimal didalamnya amiin.

Muslimin muslimat yang di rahmati Alloh SWT. Sudah menjadi keinginan dan harapan doa seorang hamba kepada Kholiqnya di terima atau Mustajabah.

Untuk kultum satu Ramadhan ini kami akan menyampaikan 3 golongan yang tidak tertolak doanya.

Ilustrasi


Dari berbagai golongan manusia di muka bumi ini ada tiga golongan yang doanya tak tertolak atau dijamin Mustajabah, diterima Alloh SWT.


Hal ini pernah disampaikan Rosululloh Muhammad Saw dalam salah satu haditsnya:


Rasulullah saw bersabda:


ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ تُحْمَلُ عَلَى الْغَمَامِ، وَتُفْتَحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاوَاتِ، وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكَ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ


Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang dizholimi. Doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya, lalu Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Demi izzah-Ku, Aku akan menolongmu meski setelah beberapa waktu.” (HR Ahmad, dari Abu Hurairah, shahih lighairihi.


Dari hadis diatas dapat di simpulkan 3 Golongan orang yang Mustajabah Doanya:

1.Imam yang adil

Imam dalam hal ini adalah Pemimpin, yang mana pemimpin tersebut berbuat adil dalam menjalankan aturan tidak semena-mena dan tidak tebang pilih dalam menjalankan hukum serta memberikan perlindungan, kesejahteraan tidak pilih kasih.


Pemimpin yang semacam ini akan memiliki keistimewaan doanya di kabulkan atau mestajabah doanya.


2.Orang yang berpuasa sampai dia berbuka.


Orang yang berpuasa juga merupakan golongan yang Mustajabah Doanya selama ia masih berpuasa, karena salah satu alasannya orang yang puasa merupakan orang-orang yang sedang menahan dari berbagai hafa nafsu, sedang menjadi orang yang sabar, saat itulah Alloh kabulkan doa-doa mereka.

.sehingga momentum puasa ramadhan kali ini semoga doa-doa kita dikabulkan Allah SWT amiin.

3.Orang yang terdlolimi


Orang yang teraniaya menjadi golongan yang doanya Mustajabah, sehingga kita berusaha untuk tidak berbuat dlolim kepada siapapun karena selain itu dosa, kita juga takut jikalau yang kita dlolim mendoakan kita dengan hal yang tidak baik maka kita akan rugi sendiri.


Demikian kultum ini semoga bermanfaat dan  menjadi bekal kita hidup di dunia dan akhirat kelak amiin.


Mohon maaf atas segala khilaf dan kekurangan.

Wasalamualaikum warohmatulloh wabarokaatuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel