Kultum 10 Ramdhan : 10 Nasihat Penting Bekal Kehidupan

Asalamualaikum Warohmatulloh Wabarokaatuh.

Bismillah walhamdulillah Lama Haula wala quwwata illa Billah.

Muslimin muslimat Rohima kumulloh. Kesempatan kultum di 10 Ramadhan ini akan kami sampaikan materi kutipan kitab Nasha'ihul 'Ibad, karya Muhammad Nawawi bin Umar Al jawi.

Ilustrasi Kultum Ramadhan


Berisi 30 Nasihat Penting bekal kehidupan yang terdiri dari Hadis Rasul, Hadis Sahabat dan Maqolah Tabiin, namun kami sajikan hanya 10 Nasihat agar mudah untuk di hafal dan di Amalkan.

10 Nasihat Penting Bekal Kehidupan:

1. Rasululloh SAW bersabda :

"Ada dua perkara yang tidak dapat diungguli keutamaannya yaitu beriman kepada Allah SWT. dan memberi manfaat bagi sesama muslim"


2. Rasulullaoh bersabda :


"Siapa yang bangun pagi dan tidak berniat mendzalimi orang, maka dosanya akan mendapat ampunan. Barang siapa yang bangun pagi lalu niat menolong orang yang didzalimi atau ia niat untuk membantu hajat( kebutuhan) sesama muslim, maka ia memperoleh pahala seperti pahala haji mabrur"


3. Rasululloh SAW :
"Hamba yang sangat dicintai oleh Allah SWT. adalah hamba yang bermanfaat bagi sesama manusia dan amal yang paling utama ialah menanamkan rasa iba di hati orang mukmin yang dapat menghilangkan rasa laparnya(bagi seorang) atau meringankan beban derita seseorang atau membayarkan hutang seseorang.


"Dua perkara yang sangat jelek dan tercela yaitu syirik kepada Alloh SWT dan mendatangkan petaka bagi sesama mukmin".

4.Rosululloh SAW bersabda : "Hendaklah kalian duduk dengan Ulama dan mendengarkan pembicaraan mereka yang bermutu (bijaksana), karena sesungguhnya Allah SWT. menghidupkan hati yang mati/ keras dengan cahaya hikmah, sebagaimana menghidupkan tanah yang gersang/ mati dengan air hujan." Kitab Nasha'ihul'ibad.

5.Rasululloh SAW bersabda : "Dekatillah orang-orang besar dan bertanyalah kepada orang-orang pandai serta bergaullah dengan orang-orang yang bijaksana ( B'dul Hukama)".

6.Rasululloh SAW Bersabda: "Akan datang suatu masa akan terjadi pada umatku, semua melarikan diri dari ulama dan ahli fiqih.

Kemudian, Allah SWT. akan menimpakan tiga bencana pada mereka, yaitu :
1.Hilangnya keberkahan hasil usaha (mata pencaharian).
2.dikuasai oleh penguasa yang zalim.
3.Keluar dari alam dunia/mati tanpa membawa iman.Kitab Nasha'ihul'ibad_

7.Diriwayatka dari Abu Bakar As-Sidiq RA. Beliau Berkata : "Barang siapa masuk kubur (meninggal dunia) tidak membawa bekal, maka iya bagaikan berlayar tanpa perahu. Orang mati dialam kubur tak ubahnya seperti orang yang tenggelam yang selalu mengharapkan pertolongan.


8.Rasulullah SAW bersabda:

Dari Umar RA bahwa Nabi AS. berkata kepada Malaikat Jibril. "Ceritakan kepadaku tentang kebajikan umat, "Malaikat Jibril berkata: "Seandainya air laut dijadikan sebagai tinta dan pepohonan sebagai pena niscaya aku tidak dapat menghitungnya".

"Nabi berkata lagi, Ceritakan kepadaku kebajikan Abu Bakar RA. malaikat jibril menjawab: "Umar adalah salah satu kebajikan dari kebajikan-kebajikan Abu Bakar."

9.Khalifah Usman RA berkata:
"Menyusahkan/ menyedihkan diri semata-mata karena dunia adalah kegelapan hati, sedangkan menyusahkan diri karena semata-mata akherat adalah cahaya dalam hati."

10.Khalifah Ali bin Abi thalib berkata: "Barang siapa yang menuntut ilmu sama halnya ia mencari surga,sedangkan barang siapa yang berbuat maksiat atau dosa sama halnya ia mencari neraka."

Demikian semoga bermanfaat, untuk materi adab berzakat insaalloh akan di lanjutkan kultum hari ke 11 Ramadhan.

Wasalamualaikum warohmatulloh wabarokaatuh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel