FADILAH / KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN.


Malam Nisfu sya'ban tahun ini insaalloh jatuh pada Rabu Malam Kamis 14 Sya'ban 1441 H/ 8 April 2020.


"Nisfu Sya'ban Malam pengampunan Allah kepada hambanya"

Sebagai umat islam berusaha menggapai keutamaan di bulan sya'ban terlebih dimalam setengah dari bulan sya'ban atau terkenal dengan Nisfu Sya'ban.

Sedikit kalimat tentang Nisfu Sya'ban yg mana banyak Riwayat yang alfaqir terima tentang apa yang terjadi di bulan Sya'ban, diantaranya dipertengahan Sya'ban dahulu bertepatan terjadi peristiwa turunnya Ayat Solawat kepada Nabi Saw

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.” (QS AL AHZAB : 56)

Bersamaan juga turunya Ayat yang menerangkan Dialihkannya arah Qiblat dari Masjidil Aqsho ke Ka'bah yang Nabi Muhammad Saw mendambakannya.

قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ ۗ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ
لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ

Sungguh Kami (sering) melihat wajahmu menengadah ke langit maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya…” (QS. Al-Baqarah: 144)

Ada beberapa malam yang Diistimewakan Allah swt diataranya :

1. Malam Satu Rojab
2. Malam Nisfu Sya'ban
3. Malam Qodar di Bulan Rimadlon
4. Malam Jum'at
5. Malam 'Idil Adha dan 'Idilfitri ..
6. Malam Arofah.

Yang semuanya memiliki keutamaan dikabulkannya doa pada malam tersebut.

Beberapa sebutan malam Nisfu Sya'ban:

Malam Nisfu Sya'ban dosebut juga:
1.ليلة المغفرة
Malam dimana Pengampunan Allah swt dicurahkan kepada hamba-hambanya yang beriman.

2.ليلة البرآئة
Malam pembebasan Mu'minin dari Murka dan Siksaan Allah swt.

3. ليلة القبول
Malam Penerimaan seluruh Amal Soleh hamba Allah yang beriman.

4.ليلة التجلي
Malam Penampakan Rahasia Sifat dan Asma Allah swt ke langit dunia.

5. ليلة الإجابة
Malam diqobulkan atau diterimanya do'a.

6.ليلة النظر
Malam Tatapan Allah swt kepada hamba-hambaNya.

7.ليلة التقدير /ليلةالقدر
Malam Pemastian nasib makhluk untuk satu tahun kedepan.

Sungguh beruntung orang yang pada malam itu mendapatkan Anugrah Yang mendapat anugrah dari Allah swt.

Hujankan kepada hamba-hambaNya ,dan sungguh celaka dan hina juga rugi orang-orang yang dapat menjumpai malam Nisfu Sya'ban namun tidak mendapatkan anugrah tersebut na'uudzu biLLaahi mindzaalik.

Maka Rosululloh Muhammad Saw di malam tersebut beliau dibangunkan oleh Malaikat Jibril AS atas Perintah Allah swt supaya mendo'akan UmmatNya lalu beliau berangkat ke maqom atau kuburan para keluarganya dan Sahabatnya di Maqom Baqi' dan beliau berdo'a, menangis kepada Allah swt memohonkan ampunan Allah untuk diberikan kepada Ummatnya dan beliau mengajak Istrinya Sayyidatuna Aisyah dan Putrinya Sayyidatuna Fatimah Ra juga Mantunya yaitu Sayyiduna Ali RA, Sayyiduna Hasan dan Husen RA untuk melakukan yang beliau lakukan.

Rosululloh Muhammad saw melaksanakan Sholat dan memerintahkan kepada kita ummatnya untuk sholat di malam nisfu sya'ban dan Saum atau berpuasa di siang harinyanya jugaTaqorrub atau mendekat kepada Allah swt, berdzikir, Istigfar, berdo'a dan mendo'akan Muslimiin Muslimat.

Ada bebepara kelompok manusia yang celaka dan merugi di malam itu :

1. Orang Kafir

2. Orang musyrik

3. Orang munafiq

4. Orang yang berzina.

5. Pemabuk dan pengidap narkoba .

6. Orang yang menyakiti hati orang tua.

7. Orang yang suka merentenkan (Riba) atau yang kerja di perusahaan yang dengan cara merentenkan juga yang makan hasil dari renten dan yang memberi makan orang lain dari hasil renten tersebut.

8. Tukang sihir

9. Orang yang datang ke tukang sihir untuk menyihir orang lain.

10.Orang yang memutuskan tali silaturrahim yakni memutus tali kasih sayang dengan sesama makhluq Allah swt terutama dengan sesama Muslim.

11. Orang yg dihatinya ada permusuhan kepada sesama Muslim.

12. Laki-laki yang pakaiannya menutupi mata kaki dengan niat bergaya atau sombong.

Maka mari kita bertaubat menangis kepada Allah swt Dan bertaqorrub ,berdzikir, berdo'a ,ruku' dan sujud kepadaNya dan juga meminta ma'af kepada sesama terutama kepada orang tua, dan Guru,dan menghilangkan permusuhan kepada sesama.
perbanyak sodaqoh agar terjaga dari berbagai musibah.

Semoga di Malam Nisfu Sya'ban yang agung itu kita dan keluarga termasuk yang mendapatkan AmpunanNya juga segenap AnugrahNya Allah.. Aamiin.

Amalan - amalan para Wali Allah swt dan para Sholihin semoga manfa'at.

Ba'da Solat magrib dan Sunnahnya :

Diawwali dengan Hadloroh dahulu kemudian membaca surat Yasin 3x

1. Bacaan pertama dengan niat ingin dipanjangkan umur yang penuh Ibadah diliputi Hidayah dan Taufiq kepada segala hal yang Allah swt ridloi juga selalu mendapatkan pertolongan Allah Ta'ala, dibarengi dengan kesehatan dan kekuatan jasmani, ruhani serta diakhiri dengan mati husnulkhotimah.

2. Bacaan yasin kedua niat ingin dijaga oleh Allah swt dan dijauhkan dari Azab dan murka Allah swt dan dari kejelekan Taqdir Allah di dunia dan di Akhirat, juga dijauhkan dari segala bala ,kerugian, kehinaan, kesesatan, kebodohan, kecelakaan, kesedihan, ketakutan, kebingungan, kegundahan, keraguan, fitnah dan permusuhan,peperangan, penyakit dan kejahatan makhluk yang dzohir dan yang ghoib, dari bangsa syetan, jin dan manusia juga binatang dan lain - lain serta niat ingin diluaskan rizki yang halal dan baik juga berkah dan gampang dan tiada putus.

3.Bacaan surah yasin ketiga dengan niat ingin dikayakan hati dan tidak ketergantungan kepada makhluk.

Setelah setiap baca Yasin satu kali kemudia membaca do'a berikut :

بسم الله الرحمن الرحيم ..وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم ,
اللهم يَاذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْهِ يَاذَا الْجَلَالِ والإِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ والإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَاجِئِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الْخَائِفِيْنَ ,اللهمإِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُوْمًا أَوْ مَطْرُوْدًا أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ فَامْحُ اللهم بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِي وحِرْمَانِيْ وَطَرْدِيْ وإِقْتَارُ رِزْقِيْ وَأَثْبِتْنِيْ عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلُتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ :يَمْحُوا اللّٰهُ مَايَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ . إلهي بِالتَّجَلِّي الْأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِي يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَم، أَسْأَلُكَ أَنْ تَكْشٙفَ عَنَّا مِنَ الْبَلَاءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لَانَعَلَمُ وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم .

Setelah Solat Isya sampai subuh baca:
1. Surat Addukhon 1x.
2. Surat Almulk 1x.
3. Surat Al-Kahfi 1x.

Lalu baca Istigfar 100x.

استغفر الله العظيم الذى لا اله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه

Lalu baca Ayat Kursi 313x dimulai dengan
والهكم اله واحد لا اله إلا هو الرحمن الرحيم.

Lalu Ayat Laqodjaa akum 313x dimulai dengan
فالله خير حافظا وهو ارحم الراحمين

Lalu baca doa ini 100x:
حَسْبِيَ اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Lalu baca doa ini 100x:
يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ اَسْتَغِيْثُ

Lalu baca do'a ini 100x:
اللّٰهُمَّ هَبْ لِيْ قَلْبًا تَقِيًّانَقِيًّا مِنَ الشِّرْكِ بَرِيًّا لَاكَافِرًا وَلَا شَقِيًا

Lalu baca do'a ini 100x:

اللّٰهُمَّ اِنَّكَ حَلِيْمٌ ذُوْ أَنَاهٍ وَلَا طَاقَةَ لَنَا بِعَذَابِكَ فَاعْفُ عَنَّا بِحِلْمِكَ يَااَللّٰه

Lalu membaca Sholawat yang masyhur yang sudah ditulis di buku Asysyifaa tiap Solawatnya 100x sedikitnya 10x
Lalu membaca Solawat Mudloriyah 3x.
Lalu membaca Tawassul Sollaa wasallama 1x.

Lalu membaca doa ini 100x:
اللّٰهُمَّ صَلِ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آله وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ عَدَدَ مَعْلُوْمَاتِكَ وَمِدَادَ كَلِمَاتِكَ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ.


Lalu berdo'a dengan do'a ini :

اللّٰهُمَّ احَيِنَا حَيَاةَ السُّعَدَاءِ وَأَمِتْنَا مَمَاتَ الشُهَدَاءِ وَاحْشُرْنَا فِي زُمْرَةِ الْأَ نْبِيَاءِ وَالْأَصْفِيَاءِ

Yaa Allah! Hidupkanlah kami dengan kehidupannya orang-orang yg bahagia, dan matikanlah kami dengan kematiannya Para Syuhada, dan kumpulkan kami dalam golongan Para Nabi dan Orang-orang terpilih.

Lalu baca Do'anya Nabi Yunus As 2375x :

لَا إِلٰهَ إِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَالِمِيْن

Sebagian para Wali Allah swt mengatakan "barang siapa yg membaca ayat tersebut (لاإله إلا أنت سبحانك اني كنت من الظالمين)

dengan jumlah yang telah disebutkan maka dia akan diamankan dari bala bencana, kesusahan dengan Izin Allah swt " .

عن معاذ بن جبل رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ((يطلع الله إلى جميع خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إﻻ لمشرك أو مشاحن )) رواه الطبراني وابن حبان

Dari sayyidina Muadz Bin Jabal Ra dari Nabi SAW Beliau Bersabda : "Pada malam nisfu Sya'ban Alloh SWT Memperhatikan seluruh makhlukNya dan Allah swt mengampuni mereka terkecuali orang musyrik dan yang di hatinya ada permusuhan kebencian dendam kepada sesama muslim" HR.Ath Thobarony dan Ibn Hibban Ra.

وخرج ابن ماجه بإسناده عن علي رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال :
اذا كانت ليلة نصف شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله تبارك وتعالى ينزل لغروب الشمس إلى السماء الدنيا فيقول أﻻ من مستغفر فاغفر له ؟ أﻻ من مسترزق فأرزقه ؟ أﻻ من مبتلى فأعافيه ؟ أﻻ كذا أﻻكذا ؟ حتى يطلع الفجر رواه ابن ماجه والعراقي في المغني.

Imam Ibnu Majjah mengeluarkan sebuah Hadits dengan isnadnya dari Sayyidina Ali r.a dari Nabi SAW Beliau Bersabda : "Apabila tiba nisfu Syaban maka sholatlah kalian di malamnya dan berpuasalah di siang harinya karena Allah SWT ketika terbenam matahari Allah turun ke langit dunia yang hal ini memiliki makna Allah swt menurunkan AnugrahNya yang tak terhingga dan berfirman apakah ada yang meminta ampun ke padaku.? Maka akan aku ampuni,
Apakah ada yang meminta rizki kepadaku.? Maka Aku akan memberi dia rizki.
Apakah ada yang tertimpa musibah.? maka Aku akan selamatkan dia.
dan apakah ada yang begini begitu ? Hal tersebut berlangsung hingga waktu fajar tiba"
(H.R Ibnu Majjah dan Imam Al 'iroqi dlm Kitab Almughni)

Dan banyak lagi Riwayat yang tidak bisa alfaqir tulis karena keterbatasan waktu.
Wallohu A'lam bishowaab.

Maka kami atas nama pribadi dan keluarga memohon ma'af dengan sangat kepada semua sodara muslim ikhwat akhwat ,ashab ahbab dari segala kesalahan terutama kepada keluarga, murid-murid, para mustami dan para pecinta ..
Kami menghaturkan JazaakumuLLoh atas segala kebaikan Antum, kami tidak bisa membalasnya terkecuali hanya do'a buat Antum semua semoga Allah Berikan segenap kebaikan dunia Akhirat.. Aamiin..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel