Yang mau sholat Gerhana, inilah Penjelasan singkatnya



PURBALINGGA.kangprayit.com.
Kaligondang Majelis Ta'lim kajian kitab Fathul qorib, setiap hari jumat di KUA Kaligondang yang diampu oleh Kiyai Umar Abdul Fatah selaku ketua FKPAI Kaligondang, pada hari jumat (21-02-2020).

Dalam ibadah sholat dibagi menjadi dua sholat wajib dan sholat sunah, jumlah sholat sunah lebih banyak dari pada sholat wajib.

Diantara sholat yang disunahkan adalah sholat Gerhana, penyebutan dalam gerhana matahari adalah (kusufisyamsi) dan untuk gerhana rembulan adalah (khusufulqomari).

Sholat gerhana hukumnya sunnah muakad dikarenakan Nabi Muhammad saw. kapan terjadi gerhana baik Gerhana Matahati atau Gerhana Rembulan.

Bilamana seseorang ketinggalan Sholat Gerhana maka tidak disunahkan untuk mengodo'nya atau menggantinnya.

Banyaknya sholat gerhana baik Matahari atau Rembulan adalah dua rakaat yang mana didalam satu rakaat dengan dua berdiri dan dua ruku'.

Bacaan dan ruku' dalam sholat gerhana lebih baik dilakukan lebih lama, diruku' pertama lebih panjang dari pada ruku' kedua kira - kira ukuran paling lama dirakaat pertama adalah membaca surat al- baqarah 100 ayat dan rakaat kedua lebih sedikit dari jumlah tersebut dan bacaan dalam tasbih ruku' lebih lama dari pada sujud.

Hotbah disunahkan juga didalam sholat gerhana setelah sholat selesai dengan dua kali khutbah.

Disunahkan untuk mengecilkan / menyamarkan bacaan di sholat gerhana matahari dan mengeraskan suara didalam sholat gerhana rembulan.

Wallohu a'lam bishowaab.
Sekian dan semoga bermanfaat (Ahmad Prayitno).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel