Inilah Amalan Bulan Rajab dan Penjelasanya


Sekarang kita sudah berada di penghujung akhir bulan Jumadil akhir dan sebentar lagi kita akan memasuki Bulan yang ketujuh dari tahun hijriyah yakni bulan Rojab.
Dan fa INSYAA-ALLAH tanggal 1 Rojab 1443H akan jatuh pada hari selasa puasa rajab  tanggal 2 februari 2022 M dan ada kesunahan puasa rajab .

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya  bulan Rojab  termasuk bulan yang di istimewakan dan dimuliakan oleh  الله
Dan ini sudah termaktub dalam surat At-Taubah: 36

" sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ada 12 bulan dalam ketetapan Allah, DIA menciptakan langit & bumi.
diantara 4 bulan haram yakni :
1. Dzulqo'dah.
2. dzulhijjah.
3. muharrom.
4. Rojab.

itulah ketetapan agama yang Lurus maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di bulan yang empat itu."

Bln Rajab selain termasuk empat bulan mulia juga merupakan bulannya Gusti Allah sesuai dengan sabda Nabi Muhammad saw:

*" ROJABA "SYAHRULLAHI WASYA'BANU SYAHRIY WA ROMADLONU SYAHRU UMMATI"*

Artinya: sesungguhnya bulan Rajab adalah bulannya Allah dan bulan Sya'ban adalh bulanku ( Nb Muhammad saw) dan bulan Ramadlan adalah bulannya umatku".

Karena bulan Rajab adalah bulannya Allah SWT maka sudah sepantasnyalah kita untuk memuliakannya sebagaimana yang sudah dituntunkan oleh Rasulullah SAW dan para ulama sholihin.

Berikut ini kemuliaaan bulan Rajab,keutamaan berpuasa di bulan Rajab dan amaliahnya.:

1. Berdoa memohon keberkahan.

Diantra amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah ketika memasuki balan Rajab beliau selalu berdoa: " ALLAHUMMA BARIKLANA FII ROJABA WA SYA'BANA WA BALLIGHNA ROMADLON."
Artinya: Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan sampaikanlah umur kami ke bulan Ramadlan..

Al imam As sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al hasani dlm kitabnya Dzikroyat wal munasabat beliau berkata: " hadis diatas adalah dalil dianjurkannya berdoa agar kita tetap hidup sehingga mendapati sa'at atau waktu yg mulia agar dapat memantapkan amal sholeh pada wkt2 tsb. Sebab seorang mukmin tidak akan bertambah umurnya kecuali amal kebaikannya juga ikut bertambah.

2. Memperbanyak Taubat dan memohon ampunan.


Imam Abdurrahman As shafury dalam kitabnya Nuhayatul majalis mengingatkan bahwa bulan Rojab adalah bln permohonan ampun ats segala dosa dan kesalahan. ( LISTIGHFARIL DZUNUB )
Bulan Syaban adalah bulan utk menutup segala Aib ( LISATRIL UYUB ) dan Bulan Ramadlan adlah bulan utk menerangkan hati dan pikiran. ( LITANWIRIL QULUB )

Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak tobat di bulan Rajab sebab Ini adalah bulan pengampunan Allah SWT terutama pada awal bulan Rajab yang disebut-sebut oleh Allah SWT sebagai malam ketika doa tidak akan tertolak.

Nabi SAW bersabda: " Ada lima malam yang jika digunakn untuk berdoa maka tidak akan tertolak doanya. Yaitu: Malam awal Bulan Rajab,malam nisyfu syaban,malam jum'ah, malam idul fitri dan malam idul adha.

3. Memperbanyak puasa dan Sholat Sunnah.

Dalam sebuah hadis dloif sebagaimana disebutkan dalam kitab Nuhayatul majalis dari sahabat Tsauban bahwa Rasulullah SAW suatu saat melewati kuburan. Kemudian Rasulullah saw tiba-tiba menangis sambil bersabda:
" Wahai Tsauban mereka saat ini sedang disiksa di dalam kuburnya ,kemudian saya berdoa kepada Allah agar Allah meringankan siksa kepada mereka. Wahai tsauban seandainya mereka berpuasa satu hari saja di bulan Rajab juga mereka melakukan satu kali saja sholat malam (tahajud) tentu mereka tidak akan disiksa di dalam kuburnya seperti ini.
Tsauban kemudiian bertanya : wahai Rasulullah dengan puasa satu hari saja dan sholat tahajud satu kali saja di bulan Rajab dapat mencegah siksa kubur.. ?
Rasulullah menjawab: iya demi diriku yang berada didalam kekuasaaanya, tidak ada satu muslim atau muslimah pun yang melakukan puasa satu hari saja atau melakukan sholat malam satu kali saja di bulan rajab melainkan Allah akan mencatat baginya pahala seperti seorang yang beribadah satu tahun.

Dalam kitab Mukasyafah Al -qulub. AL- imam Hujjatul islam Abi Hamid bin muhamad Al-ghozali menyebutkan. Bhw Rasulullah saw bersabda: " ssungguhnya di syurga ada sungai yang disebut dengam bengawan Rajab,yang isinya atau airnya lebih putih dari pada susu,dan lebih manis dari pada Madu. Barang siapa berpuasa satu hari saja di bulan Rajab maka akan diberi minun oleh Allah dari sungai tersebut."

Dalam hadis lain juga disebutkan: bahwa Nabi Muhammad saw bersabda: "barang siapa berpuasa tiga hari di bulan- bulan  Haram ( Dzulqodah,Dzulhijjah,Muharom dan Rajab yaitu setiap hari kamis , jumat dan sabtu maka Allah akan menulis baginya pahala setiap harinya seperti 900 tahun beribadah "
(Imam Ghozali dalam kitabnya Ihya' Ulumuddin)

Dan dalam hadis lain juga disebutkan:
- Barangsiapa berpuasa pada tanggal satu,dua, tiga Rojab maka pahalanya akan mendapatkan keridloan serta kemuliaan di sisi Allah SWT
- Barang siapa berpuasa lima hari di bulan Rajab maka doanya akan dikabulkan oleh Allah.
- Barangsiapa berpuasa tujuh hari di bulan Rajab maka akan ditutup tujuh pintu Neraka.
- Barangsiapa berpuasa delapan hari di bulan Rajab maka Allah akan membukakan delapan pintu Syurga.
- Barangsiapa berpuasa lima belas hari di bulan Rajab. Maka akan diampuni Dosa-dosanya yang lalu. Dan mengganti kejahatanya dengan kebaikan disisi Allah.
- Barangsiapa berpuasa pada tanggal 27 Rajab ( isra' mi'raj) maka pahalanya seperti lima tahun berpuasa.
- Dan barang siapa Mengingatkan muslim lain tentang amalan ini maka seakan-akan dia telah melakukan ibadah selama 80 tahun.

4. Memperbanyak membaca Sholawat.

Rasulullah pernah brsabda yg artinya: " pd. Malam aku di mi'rajkan aku melihat sebuah Danau. Yg airnya lebih manis drpd Madu, lebih dingin drpd Salju, lebih putih drpd Susu dan lebih harum drpd minyak Misik. Akupun. bertanya kpd Malaikat Jibril: " Untuk siapa semua ini...?
Malaikat Jibril menjawab: " utk orang2 yg membaca sholawat kepadamu di bulan Rajab"
Terkait hukum puasa dan melakukan amaliah ibadah dibulan Rajab, imam An Nawawi menyatakan telah jelas dan shohih riwayat bhw Rasulullah SAW menyukai puasa dan memperbanyak ibadah di bulan2 harom salah satunya di bln Rajab mk slma tdk ada pelarangan khusus puasa dan ibadah di bln Rajab mk tak ada satu kekuatan untuk melarang puasa Rajab. Dan ibadah lainnya di bln rajab.

Mnurut imam As - Suyuthy. Dlm kitabnya Al Hawi Lil Fatawi, hampir semua hadis tntang puasa Rajab tsb berstatus dloif akn ttpi hadis dloif sbgimna yg disepakati oleh para ulama ahli hadis dapat digunakan utk memotifasi diri dlm Fadloilul amal.

Imam ghozali dlm kitabnya ihya' ulumuddin menyatakan bahwa kesunahan berpuasa menjadi lebih kuat jk dilksanskan pd hari2 utama ( AL-AYYAM AL-FADLILAH) Beliau jg mengatakan bhw bln Rajab trmasuk kategori AL-ASYHUR AL-FAFHILAH. yakni bulan2 utama disamping bulan dzulqodah,Dzulhijjah, muharom dan sya'ban.
Bhkan dlm kitab Khifayatul ahyar disebutkan bhw bln yg paling utama utk berpuasa setelah bln Ramadhan adalah bulan 2 Haram yaitu Dzulqo'dah,Dzuljhijjah,Muharom dan Rojab.

Disamping itu para ulama salafunas sholihin jg menganjurkan kpd kita utk membaca tasbih dg ketentuan sbg berikut:
Perbanyak membaca doa dan istighfar
"ROBBIGHFIRLI WARHAMNI WATUB 'ALAYYA INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIM "
dibaca setiap pagi dan sore sebanyak 70 kali.
- Tanggal 1-10 Rojab Mbc Tasbih: SUBHANALLOHIL HAYYIL QOYYUM sebanyak 100x
- Tanggal 11-20 Rojab mbc Tasbih:
SUBHANALLAHIL AHADIS SHOMAD sebanyak 100 x
- Tanggal 21- 30 Rojab mbc Tasbih: SUBHANALLAHIR ROUF sebanyak 100 x

WALLAHU-A'LAM-BISH-SHOWAB.
Semoga Allah senantiasa meberikan kita kemampuan,kekuatan, keistiqomahan dan keberkahan utk bisa mengerjakan serangkaian amaliah di bulan Rajab serta memberkahi kita di bln sya'ban dan mmpertemukan kita dg bln suci Ramadhan.
Serta juga semoga ALLAH-SUBKHANAHU-WA-TA'ALA memudahkan langkah kita menuju kpd kebaikan yakni RAHMAT-RIDHO-AMPUNNYA.

Aaamiii yaa mujiibassaailiin🤲🏻🌹

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel